Hutagalung, Shinta Arida (2020) ANALISIS DETERMINAN NERACA PEMBAYARAN DI INDONESIA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176162006 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM 8176162006 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
3. NIM 8176162006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM 8176162006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 8176162006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 8176162006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM 8176162006 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8176162006 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8176162006 LIST OF APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM 8176162006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
14. NIM 8176162006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
15. NIM 8176162006 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan modal utama bagi manusia untuk mencapai kesejahteraan. Pentingnya peran pendidikan dalam meningkatkan kesejahteraan mengharuskan perlunya dilakukan pemerataan pendidikan di setiap daerah tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi, gender dan ras. Dalam melakukan pemerataan pendidikan perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketimpangan pendidikan yaitu ketimpangan pendapatan, kemiskinan dan gender gap pendidikan. Penurunan angka ketimpangan pendapatan, kemiskinan dan gender gap pendidikan di setiap provinsi-provinsi di Indonesia akan menurunkan ketimpangan pendidikan yang merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ketimpangan pendapatan, kemiskinan dan gender gap pendidikan terhadap ketimpangan pendidikan di Indonesia tahun 2016-2018. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS) dengan model estimasi regresi data panel menggunakan bantuan program eviews 9.0. Hasil estimasi menunjukkan bahwa secara parsial ketimpangan pendapatan, kemiskinan dan gender gap pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendidikan di Indonesia, sedangkan secara simultan ketimpangan pendapatan, kemiskinan dan gender gap pendidikan berpengaruh positif terhadap ketimpangan pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.12 Har a |
Keywords: | Produk Domestik Bruto, Nilai Tukar, Inflasi, Neraca Pembayaran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3820 Economic constitution, policy, planning, and development |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:22 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40031 |