NASUTION, HELMI FAUZIAH (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ASESMEN AFEKTIF YANG INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176141003 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 8176141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
4. NIM. 8176141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM. 8176141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 8176141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6. NIM. 8176141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 8176141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 8176141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 8176141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. NIM. 8176141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 8176141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar mata kuliah evaluasi dan penilaian hasil belajar kimia materi asesmen afektif sesuai SNPT di program studi Pendidikan Kimia, mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar inovatif berbasis multimedia dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan mengunakan buku pegangan mahasiswa pada materi asesmen afektif di Universitas serta melihat respon mahasiswa terhadap bahan ajar inovatif berbasis multimedia. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan model Borg dan Gall. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing sebanyak 24 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar uji kelayakan bahan ajar berdasarkan SNPT, tes hasil belajar mahasiswa yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 17.0 for windows dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bahan ajar yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan sesuai SNPT dengan nilai rata-rata keseluruhan 3,7 (2) Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I 35,58 dan kelas eksperimen II 32,08. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan bahan ajar inovatif berbasis multimedia dengan mahasiswa yang menggunakan bahan ajar yang ada di Universitas, (3) Respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan tergolong sangat baik dengan rata-rata sebesar 91,04 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.072 Nas p |
Keywords: | Inovasi Bahan Ajar; Multimedia; Asesmen Afektif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:22 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40027 |