Miranti, Tengku Salwa (2020) PENGEMBANGAN MULTMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR PADA SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136121029 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM 8136121029 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM 8136121029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 8136121029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 8136121029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM 8136121029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. NIM 8136121029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 8136121029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM 8136121029 BAB I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM 8136121029 BAB V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM 8136121029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Tengku Salwa Miranti, 8136121029. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat menunjang pembelajaran komputer dan jaringan dasar yang khususnya di kelas X TKJ SMK Swasta Teladan Medan. Pengemabangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar diperoleh malalui observasi dari guru dan siswa SMK Swasta Teladan Medan, menyatakan media sanagat dibutuhkan dalam pembelajara.
Peneletian ini diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Tahap ini terdiri dari beberapa tahapan, tahap 1 revisi pengembangan berdasarkan penilaian para ahli, tahap II revisi pengembangan berdasarkan penilaina dari 3 orang siswa, tahap III revisi pengembangan dari 9 orang siswa dan tahap IV revisi kecil dari pengembangan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan penilaian terhadap media pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar berbasis multimedia pada uji coba lapangan dengan 30 siswa SMK Teladan Medan dengan persentase dari masing- masing aspek. Aspek panduan dan informasi 86,67%, aspek materi media 87,90%, aspek evaluasi 88,40%, aspek desain dan fasilitas media 89,13% dan aspek pedagogic 90,27%, yang masing - masing menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan Sangat Baik atau sangat layak. (2) Hasil implementasi multimedia berbasis multimedia pada pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan perbedaan hasil belajar dengan menggunakan uji hipotesis (uji-t) membandingkan antara t hitung dengan t tabel maka t hitung > t table = 5,785 > 1,679. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa menggunakan media pembelajaran multimedia lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan powerpoint .Selain media juga dibutuhkan model pembelajaran yang menarik agar siswa tertantang dalam belajar dan meningkatkan minat siswa. Selain itu juga mampu membangkitkan kemandirian siswa dan siswa mampu berfikir kritis. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan komputer dan jaringan dasar seperti penggunaan model pembelajaran problem based leraning dimana terjadi pengubahan pembelajaran yang melibatkan siswa dengan segala nuansanya, juga menyertakan segala ikatan, interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Ten p |
Keywords: | media pembelajaran; problem based learning; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:22 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40021 |