GINTING, SARI JUSNITA BR (2020) PENGEMBANGAN MODUL PPKN MATERI "CINTA LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE'' UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS II SD NEGERI 040446 KABANJAHE T.P.2018/2019. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8176182046 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2 NIM. 8176182046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3 NIM. 8176182046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4 NIM. 8176182046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5 NIM. 8176182046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6 NIM. 8176182046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7 NIM. 8176182046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8 NIM. 8176182046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9 NIM. 8176182046 BAB I.pdf - Published Version
Download (723kB) | Preview
13 NIM. 8176182046 BAB V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14 NIM. 8176182046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul PPKn materi cinta lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh rata-rata 91,6 %, Penilaian kelayakan oleh ahli bahasa memperoleh rata-rata 92,1 %, Penilaian kelayakan oleh ahli desain memperoleh rata-rata 80%. Uji coba individu dengan rata-rata 80,5 % dengan kategori baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 85,4 % dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,4 % dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa mengamati dengan rata-rata 92,4 %, Hasil observasi aktivitas siswa menanya dengan rata-rata 85,6 %, Hasil observasi aktivitas siswa mencoba dengan rata-rata 84,9 %, Hasil observasi aktivitas siswa mengasosiasi/menalar dengan rata-rata 89,4 %, Hasil observasi aktivitas siswa mengkomunikasikan dengan rata-rata 83,9%. jadi kesimpulanya modul PPKn materi cinta lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran example non example ini dinyatakan efektif untuk membangkitkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari tes hasil belajar siswa. Pada saat pretes diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 69,8 dan pada saat sesudah menggunakan modul (postes) yaitu
82,3 Berdasarkan data tersebut diperoleh selisih peningkatan yang cukup signifikan yaitu 12,5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Gin p |
Keywords: | Modul; Cinta Lingkungan; Example Non Example |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:21 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40018 |