Seroja, Maya (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI KECAMATAN SINGKIL. Masters thesis, UNIMED.
1. 809225013 Judul.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. 809225013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
3. 809225013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. 809225013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. 809225013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. 809225013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
7. 809225013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8. 809225013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. 809225013 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 809225013 Bab V.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
11. 809225013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar Geografi yang diperoleh siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Globe dengan siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran Peta, (2) perbedaan hasil belajar Geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan hasil belajar Geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, dan (3) interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Geografi. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singkil dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singkil semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 70 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok pertama berjumlah 30 orang siswa ; 15 orang siswa memiliki motivasi berprestasi tinggi dan 15 orang siswa memiliki motivasi berprestasi rendah diterapkan pembelajaran menggunakan media Peta. Kelompok kedua berjumlah 30 orang siswa terdiri dari 17 orang siswa bermotivasi berprestasi tinggi dan 13 orang siswa lainnya bermotivasi prestasi rendah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media Globe. Pengukuran motivasi berprestasi siswa menggunakan angket dengan reliabilitas r = 0,90 dan pengukuran hasil belajar Geografi siswa menggunakan tes dengan reliabilitas r = 0,919. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa pada penelitian ini dilakukan tes awal. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisa data yang digunakan teknik ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Tes perbedaan antar sel dilakukan dengan menggunakan uji Scheffe. Hasil analisis data diperoleh : (1) hasil belajar Geografi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran peta lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Globe dengan Fhitung = 5,94 dan Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1:56), (2) hasil belajar Geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dengan Fhitung = 162,23 dan Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1:56), (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran (peta dan globe) dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Geografi dengan Fhitung = 14,08 dan Ftabel = 4,02 dengan taraf signifikansi α =0,05 dengan dk = (1:56).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Ser p |
Keywords: | Geografi; Globe; Peta; Motivasi berprestasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3998 |