Sari, Nurul Nisma (2019) KORELASI TINGKAT LITERASI DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN MENGGUNAKAN KURIKULUM BERBASIS KKNI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151141040 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
2. NIM. 4151141040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
3. NIM. 415141040 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
4. NIM. 4151141040 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
5. NIM. 4151141040 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
9. NIM. 4151141040 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM. 4151141040 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 4151141040 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat literasi dan hasil belajar mahasiswa, serta mengetahui hubungan antara tingkat literasi dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan menggunakan kurikulum berbasis KKNI. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi Reguler angkatan 2018 Universitas Negeri Medan yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, yaitu kelas Pendidikan Biologi D dan E 2018. Instrumen yang digunakan angket literasi dan tes hasil belajar kognitif mahasiswa pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan korelasi Product Moment (r). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat literasi Mahasiswa dalam kategori cukup, dengan persentase sebesar 58%. Untuk rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan dalam kategori sangat rendah, dengan nilai 56,03. Berdasarkan perhitungan koefisien Korelasi (r), diperoleh nilai korelasi dalam interpretasi tinggi dan terdapat korelasi antara tingkat literasi dengan hasil belajar mahasiswa. Dari perhitungan Uji-t diketahui bahwa Ha diterima yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat literasi dengan hasil belajar Mahasiswa pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Literasi memberikan kontribusi sebesar 46% terhadap hasil belajar mahasiswa khususnya pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 189 |
Keywords: | Literasi; Hasil belajar; Morfologi tumbuhan; Kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 06:37 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39978 |