Sofyan, Nurul Amalia (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X MAS YASPI LABUHAN DELI T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153141042 COVER.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2. NIM. 4153141042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 4153141042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM. 4153141042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
5. NIM. 4153141042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
9. NIM. 4153141042 BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13. NIM 4153141042 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 4153141042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, kesulitan belajar siswa dari aspek kemampuan kognititf, dan faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa dalam mempelajari materi Animalia di kelas X MAS YASPI Labuhan Deli T.P. 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 144 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, sampel berjumlah 144 siswa yang terdiri dari 49 siswa X-1, 46 siswa X-2, 49 siswa X-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi animalia dan angket kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari hasil belajar siswa pada materi animalia hanya 8,33% siswa yang mampu mencapai KBM dan 91,66% siswa tidak tuntas dalam mempelajari materi animalia. Dari aspek kemampuan kognititf, tingkat kesulitan belajar siswa pada tiap aspek kognitif dari yang terbesar terdapat pada aspek kognititf C5 (evaluasi) sebesar 64,23%, C4 (analisis) sebesar 55,65%, C3 (penerapan) sebesar 54,50%, C2 (pemahaman) sebesar 45,47%, dan terkecil C1 (pengetahuan) sebesar 36,64%. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi animalia di kelas X MAS YASPI Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2018/2019, dalam faktor internal seluruhnya berpengaruh, intelegensi memiliki pengaruh yang lebih tinggi, dan kesehatan memiliki pengaruh yang paling rendah. Dalam faktor eksternal, seluruh faktor berpengaruh , sekolah merupakan faktor yang paling berpengaruh dan guru memiliki pengaruh yang paling rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 122 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Aspek kognititf; Animalia; Invertebrata; Vertebrata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 06:19 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39977 |