Dewi, Ucia Mahya (2019) Pengembangan Penuntun Praktikum Biokimia Terintegrasi Discovery Learning Untuk Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Di Universitas Medan Area. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176141011 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8176141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
3. NIM. 8176141011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 8176141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 8176141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 8176141011 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 8176141011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 8176141011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 8176141011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13. NIM. 8176141011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 8176141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum Biokimia terintegrasi
discovery learning sesuai SNPT di program studi Agroteknologi, mengetahui
perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan penuntun
praktikum Biokimia terintegrasi discovery learning dengan mahasiswa yang
menggunakan penuntun yang ada di Universitas serta melihat respon mahasiswa
terhadap penuntun praktikum Biokimia terintegrasi discovery learning. Penelitian ini
termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan model
ADDIE. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian
ini adalah mahasiswa Agroteknologi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen I
dan kelas eksperimen II masing-masing sebanyak 20 mahasiswa. Instrumen dalam
penelitian ini adalah lembar uji kelayakan penuntun praktikum berdasarkan SNPT,
tes hasil belajar mahasiswa yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample Ttest
pada program SPSS 17.0 for windows dan angket respon mahasiswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) Penuntun praktikum Biokimia terintegrasi
discovery learning yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan sesuai SNPT
dengan nilai rata-rata keseluruhan 3,86 (2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil
belajar mahasiswa yang menggunakan penuntun praktikum Biokimia terintegrasi
discovery learning dengan mahasiswa yang menggunakan penuntun praktikum
Biokimia yang ada di Universitas, (3) Respon mahasiswa terhadap penuntun
praktikum Biokimia terintegrasi discovery learning yang dikembangkan tergolong
sangat baik dengan rata-rata sebesar 88,6 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Praktikum; Biokimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 06:56 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39965 |