PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIMED

Sidabutar, Uli Basa (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 081188230031 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 081188230031 Judul.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 2. 081188230031 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 081188230031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 3. 081188230031 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 081188230031 Abstrak.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 4. 081188230031 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 081188230031 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5. 081188230031 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 081188230031 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 6. 081188230031 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 081188230031 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 7. 081188230031 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 081188230031 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 8. 081188230031 Bab I.pdf]
Preview
Text
8. 081188230031 Bab I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 9. 081188230031 Bab V.pdf]
Preview
Text
9. 081188230031 Bab V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 10. 081188230031 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
10. 081188230031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Hasil belajar pemrograman komputer dari mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis simulasi komputer lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran tutorial, (2) Hasil belajar pemrograman komputer dari mahasiswa yang memiliki adversity quotient climber lebih baik dibandingkan dengan adversity quotient quitter, (3) Interaksi antara model pembelajaran berbasis website dan adversity quotient terhadap hasil belajar pemrograman komputer dari mahasiswa JPTE Universitas Negeri Medan.Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2011/2012 terhadap hasil belajar pemrograman komputer, populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan tahun 2011 yang berjumlah 98 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan penalaran formal mahasiswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing masing terdiri 18 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (Two Way Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi a = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut menggunakan uji Tuckey.Temuan penelitian menunjukkan: (1)Terdapat perbedaan hasil belajar pemrograman komputer dari mahasiswa antara model pembelajaran berbasis simulasi komputer dibandingkan dengan model pembelajaran tutorial di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Dengan kata lain bahwa hasil belajar pemrograman komputer lebih baik bila diajar dengan menggunakan model pembelajaran simulasi komputer bila dibandingkan dengan model pembelajaran tutorial. (2) Secara keseluruhan, mahasiswa yang memiliki adversity quotient climber lebih baik hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan dibandingkan mahasiswa dengan adversity quotient quitter. (3) Terdapat pengaruh dan interaksi antara model pembelajaran dan adversity quotient terhadap hasil belajar pemrograman komputer dari Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Semakin baik suatu model pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi ajar pemrograman komputer, maka hasil belajar yang dicapai oleh mahasiswa akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.1 Sid p
Keywords: Simulasi komputer; Pembelajaran tutorial; Desain pembelajaran; Adversity quotient; Pembelajaran berbasis website
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 24 May 2016 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item
View Item