PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

RODIAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5152131010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5152131010 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5152131010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5152131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5152131010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5152131010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5152131010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5152131010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5152131010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5152131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5152131010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5152131010 TABLES.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5152131010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5152131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5152131010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5152131010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5152131010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5152131010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5152131010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5152131010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5152131010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5152131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X TITL di SMK. Penelitian ini jenisnya ialah quasi eksperimen dengan menggunakan bentuk designposttest-only control Group. Sampel penelitian dilakukan pada 2 sekolah yaitu kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan kelas X Teknik Jaringan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah keseluruhan 68 siswa dan kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 MEDAN dengan jumlah keseluruhan 68 teknik analisis data menggunakan soal pilihan berganda yang telah terujivaliditas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukarannya. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) siswa yaitunilai rata-rata 85,41 dengan nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 64, hasil belajar model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) siswa yaitu nilai rata-rata 82,12 dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 60, dengan hasil homogen dan hasil hipotesis diuji-t yaitu bahwa thitung>ttabel(2,223 > 1,977), sehingga Ha menjadi diterima jadi hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) lebih berpengaruh dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 ELK 035
Keywords: MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION, HASIL BELAJAR
Subjects: Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 20 Jul 2020 16:39
Last Modified: 19 Aug 2020 00:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39944

Actions (login required)

View Item
View Item