Panggabean, Amos Padimun (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI TERHADAP KETERAMPILAN PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA SMP NEGERI PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 809122026 Judul.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. 809122026 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
3. 809122026 Abstrak.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. 809122026 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
5. 809122026 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. 809122026 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 809122026 Bab I.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
8. 809122026 Bab V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. 809122026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa yang diajar dengan menggunakan metode bermain lebih tinggi dari keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi; (2) Keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa yang memiliki tingkat kesegaran jasmani tinggi lebih tinggi dari keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa yang memiliki tingkat kesegaran jasmani rendah; dan (3) adanya interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kesegaran jasmani siswa terhadap keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 dan 3 Pematangsiantar, semester ganjil tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi, seluruh siswa laki-laki kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar dan kelas VIII SMP Negeri 3 Pematangsiantar yang berjumlah 308 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas dari setiap sekolah. Jumlah sampel seluruhnya 60, yang terdiri dari kelas VIII-3 dan VIII-6 berjumlah 34 orang laki-laki yang diberikan pembelajaran dengan metode bermain dan kelas VIII-2 dan VIII-3 berjumlah 26 orang laki-laki dengan metode demonstrasi. Tes kesegaran jasmani dilakukan untuk mengelompokkan siswa atas tingkat kesegaran jasmani tinggi dan tingkat kesegaran jasmani rendah. Metode penelitian dengan menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji persyaratan normalitas dengan menggunakan Liliefors diketahui masing-masing kelompok data berdistribusi normal dan uji homogenitas dilakukan dengan uji varians terbesar berbanding varians terkecil, diketahui semua kelompok berasal dari populasi yang bersifat homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Temuan dalam penelitian ini adalah : (1) keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa yang diajar dengan menggunakan metode bermain lebih tinggi daripada keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi dengan harga Fhitung = 5,067 > Ftabel = 4,105; (2) keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa yang memiliki tingkat kesegaran jasmani tinggi lebih tinggi dari keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa yang memiliki tingkat kesegaran jasmani rendah dengan harga Fhitung = 8,851 > Ftabel = 4,105; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kesegaran jasmani siswa dalam mempengaruhi keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa Fhitung = 23,048 > Ftabel = 4,105. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain lebih baik daripada metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan passing dalam permainan sepakbola siswa, siswa yang memiliki tingkat kesegaran jasmani tinggi memperoleh keterampilan passing dalam permainan sepakbola lebih tinggi daripada siswa yang memiliki tingkat kesegaran jasmani rendah. Siswa yang memiliki tingkat kesegaran jasmani rendah memperoleh keterampilan passing lebih tinggi jika diberikan pembelajaran dengan metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Pan p |
Keywords: | Keterampilan passing; Metode bermain; Metode demonstrasi; Tingkat kesegaran jasmani |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3994 |