SILITONGA, YOHANNA CRISTNAWATI BR (2020) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENIINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7161141041 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 7161141041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
3. NIM 7161141041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
4. NIM 7161141041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
5. NIM 7161141041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
6. NIM 7161141041 TABLES.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
7. NIM 7161141041 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
8. NIM 7161141041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
9. NIM 7161141041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
13. NIM 7161141041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
14. NIM 7161141041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan Sumber Belajar Mandiri menggunakan aplikasi Whatsapp pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Medan pada tahun 2020
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah terbagi atas uji coba perorangan (Uji Coba Terbatas) sampel sebanyak 3 orang siswa sedangkan pada uji luas sampel adalah 20 orang siswa.
Objek penelitian ini adalah pengembangan sumber belajar mandiri menggunakan aplikasi Whatsapp pada materi bentuk badan usaha. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli, angket respon siswa serta tes hasil belajar. Angket validasi ahli terdiri dari validasi ahli media, ahli materi, dan ahli desain media pembelajaran.Tes hasil belajar berupa 20 soal berupa pilihan ganda. Dari hasil analisa data hasil penilaian oleh ahli media diperoleh rerata sebesar 87,7 % yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan penilaian oleh ahli materi
diperoleh hasil rerata sebesar 87,7 % dan penilaian dari ahli desain pembelajaran diperoleh hasil rerata sebesar 88,2 % yang juga termasuk dalam kategori sangat baik.
Pada uji perorangan (Uji Coba Terbatas) oleh 3 orang siswa skor masing-masing adalah 93,8% (sangat baik), 87,7 % (sangat baik), 90,8% (sangat baik) dan pada tahapan kedua adalah uji coba luas menggunakan kelas Eksperimen (AP3) kemudian dibandingkan dengan salah satu Kelas X AP lainnya tanpa Aplikasi Whatsapp (Kelas Kontrol) yang bertujuan untuk menghasilkan data yang nantinya akan mengukur
keefektifan produk yang dikembangkan dengan menngunakan uji Independent Sample T- Test dimana hasilnya adalah hasil yang didapat yaitu thitung= 9.191 ≥ ttabel = 2,10092 dan sign 2 tailed sebesar 0,000 < dari 0,05. Yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa eksperimen dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan perbandingan selisih hasil belajar
ekonomi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 17,5.yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Whatsapp dan yang tidak menggunakan Aplikasi Whatsapp, dan sumber belajar yang dikembangkan menggunakan Aplikasi Whatsapp dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas X AP di SMK Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 EKO 073 |
Keywords: | Hasil belajar ekonomi, Sumber Belajar Whatsapp, Validasi Ahli |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:38 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 23:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39936 |