PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMAI AN NIZAM MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

MAHARANI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMAI AN NIZAM MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7161141022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7161141022 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7161141022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7161141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7161141022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7161141022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7161141022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7161141022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (811kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7161141022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7161141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7161141022 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7161141022 TABLES.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7161141022 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7161141022 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7161141022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7161141022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7161141022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7161141022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7161141022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7161141022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7161141022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7161141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran blended learning dengan menggunakan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAI An Nizam Medan tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu
(quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 167 orang yaitu seluruh siswa kelas X, XI dan XII semester II di SMAI An Nizam Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020, penelitian ini akan diambil sebanyak 54 orang
sebagai sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Dimana Kelas yang digunakan adalah kelas XI IIS 1 sebagai kelas Blended Learning (eksperimen) dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas konvensional (Saintifik). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara dokumentasi, tes, dan studi
kepustakaan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 30 butir soal.
Dari hasil uji persyaratan analisis data, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Blended learning dengan menggunakan aplikasi Google Classoom adalah 81,75, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran saintifik adalah 75,26. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t sampel mandiri pada α = 0,05 dengan thsebesar 2,677; tt sebesar 1,99254; dan db 74 dapat disimpulkan bahwa perbedaan hasil yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Blended learning dengan menggunakan aplikasi Google Classoom pada materi Ekonomi di kelas XI IPS Semester II SMAI An Nizam Medan T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 EKO 074
Keywords: PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING, GOOGLE CLASSROOM, HASIL BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 20 Jul 2020 16:38
Last Modified: 26 Aug 2020 22:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39935

Actions (login required)

View Item
View Item