LUBIS, MUHAMMAD ILHAM (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH PADA SISWA X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5132111017 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 5132111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. NIM. 5132111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 5132111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM. 5132111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
6. NIM. 5132111017 TABLES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7. NIM. 5132111017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 5132111017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 5132111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
13. NIM. 5132111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 5132111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah melalui
penerapan model problem based learning pada siswa kelas X Program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan semester ganjil Tahun Ajaran
2019/2020 yang berjumlah 30 orang.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari sifat fisik,mekanik dan kimia kayu. Dan siklus kedua mempelajari mutu dan kelas kayu dan kekurangan kayu sebagai bahan konstruksi. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif hasil
belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas ≥ 75% siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 80,13 dengan presentase ketuntasan siswa mencapai 73,33%, dengan capaian target 26,67% nilai <75 dan 73,33% nilai ≥75. Dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 85,96 dengan presentase ketuntasan siswa mencapai 100 % atau 30 siswa dengan keterangan “Tuntas” yang mendapat
nilai ≥75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik
Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020 membuktikan peningkatan hasil
belajar. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa : 1) penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BAN 025 |
Keywords: | Model Problem Based Learning,Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:37 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 06:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39907 |