Manullang, Ketrin Rinayanti (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT KEJURUAN TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KOMPETENSI KEJURUAN (DKK) TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122062 Judul.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. 8106122062 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106122062 Abstrak.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. 8106122062 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
5. 8106122062 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. 8106122062 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. 8106122062 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. 8106122062 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8106122062 Bab I.pdf - Published Version
Download (936kB) | Preview
10. 8106122062 Bab V.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
11. 8106122062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan dengan siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, (2) hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang memiliki minat kejuruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki minat kejuruan rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Program Studi Keahlian Teknik Bangunan, Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 5 Medan. Teknik pengambilan sampel digunakan sampel acak. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varians Anava Dua Jalur (Two Way Anova 2x2) dengan taraf signifikansi α = 0.05 dengan menggunakan uji F dan uji lanjut dengan menggunakan Uji Scheffe. Temuan penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan dengan siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada taraf signifikansi α = 0.05, diperoleh Fhitung sebesar 10.3634 dan Ftabel pada taraf signifikansi α = 0.05 dan derajat kebebasan (dk) (0.05)(1,59) adalah 1.0000, (2) hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang memiliki minat kejuruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki minat kejuruan rendah pada taraf signifikansi α = 0.05, dengan nilai Fhitung sebesar 7.0722 dan Ftabel pada taraf signifikansi α = 0.05 dan derajat kebebasan (dk) (0.05)(1,59) adalah 1.0000, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa pada taraf signifikansi α = 0.05. Fhitung sebesar 0.2565 dan Ftabel pada taraf signifikansi α = 0.05 dan derajat kebebasan (dk) (0.05)(1,59) adalah 1.0000. Implikasinya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa. Oleh karena itu guru mata diklat disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Man p |
Keywords: | Minat kejuruan; Dasar kompetensi kejuruan; Problem based learning; Cooperatif learning tipe jigsaw; Ilmu statika & tegangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 May 2016 18:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3990 |