Abdurrahman (2020) Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Kecerdasan Emosional, Supervisi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Caring Mahasiswa Ners Dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan Pada Program Pendidikan NERS Di Provinsi Aceh. Doctoral thesis, UNIMED.
NIM 8156114001 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
NIM 8156114001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
NIM 8156114001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
NIM 8156114001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
NIM 8156114001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM 8156114001 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM 8156114001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
NIM 8156114001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
NIM 8156114001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
NIM 8156114001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
NIM 8156114001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, supervisi klinik terhadap motivasi berprestasi dan dampak selanjutnya terhadap perilaku caring mahasiswa ners dalam menerapkan asuhan keperawatan di Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, supervisi klinik terhadap motivasi berprestasi dan dampak selanjutnya terhadap perilaku caring mahasiswa ners dalam menerapkan asuhan keperawatan yang berjumlah 841 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 271 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden dari mahasiswa Ners di Provinsi Aceh. Pengolahan data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, supervisi klinik berpengaruh langsung terhadap motivasi berprestasi (ƿ41= 0,178, ƿ42= 0,129 dan ƿ43= 0,134), komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, supervisi klinik, motivasi berprestasi berpengaruh langsung terhadap perilaku caring (ƿ51= 0,385; ƿ52= 0,134; ƿ53= 0,286; ƿ54= 0,119), komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, supervisi klinik berpengaruh tidak langsung terhadap perilaku caring melalui motivasi berprestasi (sebesar 0,024, 0,002 dan 0,022). Disimpulkan bahwa perilaku caring dapat ditingkatkan dengan meningkatkan komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, supervisi klinik dan motivasi berprestasi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 374 Abd p |
Keywords: | komunikasi interpersonal; kecerdasan emosional; motivasi berprestasi; perilaku caring; supervisi klinik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:39 |
Last Modified: | 27 May 2021 21:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39898 |