Sitorus, Yacub (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Esteem Siswa SMP Negeri 1 Panai Tengah. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156172051 COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. Nim. 8156172051 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
3 NIM. 8156172051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4 NIM. 8156172051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5 NIM. 8156172951 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6 NIM. 8156172051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8 NIM. 8156172051 BAB I .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12 NIM. 8156172051 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13 NIM. 8156172051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berorientasi model pembelajaran berbasis masalah, (2) peningkatan self esteem siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berorientasi model pembelajaran berbasis masalah, (3) perangkat pembelajaran yang berkualitas yang dikembangkan berorientasi model pembelajaran berbasis masalah, dan (4) kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan koneksi matematis pada materi perbandingan. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah ini menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian inii adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 SMP Negeri 1 Panai Tengah. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada posttest uji coba I dan uji coba II sebesar 5 point, (2) terdapat peningkatan rata-rata self-esteem siswa pada angket uji coba I dan uji coba II sebesar 0,10 point, (3) validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid, kepraktisan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari: a) validator menyatakan perangkat pembelajarandapat digunakan revisi kecil; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik, dan keefektifan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif, (4) jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan koneksi matematis adalah aspek kesalahan matematis pada transformasi sebesar 33,33%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sit p |
Keywords: | perangkat pembelajaran; model pengembangan 4-d; pembelajaran berbasis masalah; kemampuan koneksi matematis; dan self esteem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 04:47 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39877 |