Tarigan, Evarini (2019) ANALISIS BUTIR SOAL MULTIPLE CHOICE PADA UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA SWASTA GBKP KABANJAHE TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 4153341013 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
02 NIM 4153341013 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
03 NIM 4153341013 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
04 NIM 4153341913 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
05 NIM 4153341013 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
09 NIM 4153341013 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13 NIM 4153341013 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14 NIM 4153341013 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Distribusi butir soal ulangan tengah semester genap mata pelajaran Biologi kelas XI SMA GBKP Kabanjahe ditinjau dari aspek ranah kognitif pada Taksonomi Bloom. 2) Kualitas materi, bahasa dan konstruksi butir soal ulangan tengah semester genap mata pelajaran Biologi kelas XI SMA GBKP Kabanjahe menurut juknis direktorat pembinaan SMA. 3) Apakah butir soal ulangan tengah semester genap mata pelajaran Biologi kelas XI SMA GBKP Kabanjahe sudah memenihi syarat validitas, reabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh. Hasil penelitian menunjukan : 1) jumlah soal C1 dan C2 terdapat sebanyak 25 butir soal atau 83,3%, soal C3 dan C4 sebanyak 5 butir atau 16,7% dan soal C5 dan C6 0 butir atau 0 %, 2) Berdasarkan analisis kualitatif dari aspek materi maka soal termasuk kategori yang sangat baik dengan persentasi kesesuaian 89%, berdasarkan aspek konstruksi maka maka diperoleh hasil sebanyak 30 butir 100% soal termasuk kedalam kategori soal yang sangat baik , dan berdasarkan aspek bahasa maka soal tersebut dikategorikan kedalam soal yang sangat baik dengan persentase kesesuain sebesar 99,3%. 3) berdasarkan analisis kuantitatif, soal memiliki validitas cukup baik yaitu soal yang valid 57%, reabilitas yang tinggi yaitu 0,79, tingkat kesukaran mennjukkan soal diklasifikasikan 47% sedang, daya pembeda yang cukup baik yaitu 43% baik dan 44% cukup baik, serta kefektifan pengecoh yang baik dimana 23% cukup, 40% baik dan 17% sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 152 |
Keywords: | Analisis butir soal; Ujian tengah semester; Evaluasi pendidikan; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 06:36 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39862 |