Martalina, Debby Suci (2019) Pengembangan Bahan Ajar Inovatif menggunakan Multimedia Berbasis Proyek untuk Pengajaran Analisis Gravimetri. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166142001 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8166142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM. 8166142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 8166142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8166142001 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM. 8166142001 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8166142001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8166142001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 816614200 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 816614200 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 816614200 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
Abstract
Implementasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai dasar standar kompetensi di Universitas Negeri Medan telah membawa perubahan dalam kegiatan belajar mengajar. Inovasi materi pembelajaran kimia diperlukan untuk menyediakan siswa dengan sumber daya yang sesuai untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan analitis mereka. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran yang inovatif dengan integrasi proyek dan multimedia untuk pengajaran topik Gravimetri Kimia Analitik. Penelitian ini dilakukan di Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan dalam tiga tahap: (1) pengembangan dan standarisasi satu set bahan pembelajaran yang inovatif, (2) persiapan proyek dengan multimedia sesuai dengan kurikulum KKNI, dan (3) implementasi materi pembelajaran yang dikembangkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket materi pembelajaran inovatif standar telah dikembangkan untuk topik Gravimetri. Isi mata pelajaran kimia telah diperkaya dengan contoh-contoh kontekstual dengan integrasi proyek-proyek untuk memenuhi kebutuhan bahan pembelajaran bagi mahasiswa sarjana. Paket pembelajaran telah dirancang secara sistematis untuk dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar kimia. Fasilitas pembelajaran multimedia disediakan dalam materi pembelajaran yang dikembangkan yang ditemukan cukup untuk mendukung mahasiswa untuk belajar kimia analitik secara mandiri. Telah diketahui bahwa pengetahuan dan keterampilan mahasiswa ditingkatkan dengan pelaksanaan proyek-proyek kimia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Mar p |
Keywords: | bahan ajar inovatif; multimedia; proyek ; analisis gravimetri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 04:38 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39855 |