Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika yang Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP

Jepri, Iwan (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika yang Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172018 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172018 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172018 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156172018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156172018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (963kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156172018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156172018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengelompokan gaya belajar siswa di SMP Santo Petrus Medan melalui pengisian angket gaya belajar, kemudian menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Selain itu, dilakukan wawancara terhadap siswa untuk menemukan kesulitan-kesulitan dalam berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian terhadap 33 siswa, diperoleh gambaran mengenai pengelompokan gaya belajar yaitu siswa dengan gaya belajar akomodasi berjumlah 5 siswa (15,15%), siswa dengan gaya belajar divergen berjumlah 8 siswa (24,24 %), siswa dengan gaya belajar konvergen berjumlah 7 siswa (21,21%), dan siswa dengan gaya belajar asimilasi berjumlah 13 siswa (39,39%). Hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam kategori tinggi berjumlah 4 siswa (12,12%), kategori sedang berjumlah 6 siswa (18,18%), dan kategori rendah berjumlah 23 siswa (69,69%). Berdasarkan hasil wawancara diperoleh siswa dengan gaya belajar akomodasi mengalami kesulitan pada indikator konsep, prosedur, dan prinsip; siswa dengan gaya belajar divergen mengalami kesulitan pada indikator fakta, konsep, dan prinsip; siswa dengan gaya belajar konvergen mengalami kesulitan pada indikator prosedur, dan prinsip; dan siswa dengan gaya belajar asimilasi mengalami kesulitan pada indikator fakta, konsep, dan prinsip.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Jep a
Keywords: Berpikir Kreatif; Gaya Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 May 2023 01:45
Last Modified: 19 May 2023 01:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39854

Actions (login required)

View Item
View Item