Hidayah, Annazmy (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Berbantuan Media Animasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 81761322001 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 81761322001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3. NIM. 81761322001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 81761322001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
5. NIM. 81761322001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM. 81761322001 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 81761322001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 81761322001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 81761322001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan model pembelajaran berbantuan media animasi pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kualuh Kabupaten Labuhanbatu Utara (2) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbantuan media animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMANegeri1 Kualuh Selatan Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi 5 tahapan yakni : perencanaan/desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi dan produk akhir.Hasil penelitian menunjukkan (1) Uji ahli materi pelajaran Ekonomi berada pada kualifikasi baik yaitu 80 %, (2) Uji ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baikyaitu 91,82 %, (3) Uji ahli perangkat lunak berada pada kualifikasi baik yaitu 81,49%, (4) Uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik 94,81%, (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik 96,10%, (6) Uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik 99,58%, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbantuan media animasi layak diterapkan. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbantuan media animasidengansiswa yang tidak menggunakan model pembelajaran berbantuan media animasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung= 7,30 pada taraf signifikansi α = 0,05ttabel = 1,68. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbantuan media animasiyang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Hid p |
Keywords: | Hasil Belajar Ekonomi; Model Pembelajaran; Animasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 08:57 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39842 |