Lubis, Akhmadi Malaon (2020) Pengembangan Permainan Edu game Model Circuit Untuk Anak Tunagrahita Ringan Di SLB-C Kota Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156117002_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8156117002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 8156117002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 8156117002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM. 8156117002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 8156117002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8156117002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156117002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 8156117002_BAB I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
13. NIM. 8156117002_BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 8156117002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pen¬gembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang berupa buku panduan permainan edu game model cicuit untuk anak tunagrahita ringan. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SLB Negeri Pembina Medan dan SLB YPAC Medan Provinsi Sumatera Utara. Subjek atau pengguna yang menjadi sasaran dalam penelitian pengembangan permainan edu game model circuit dimana subjek pada kelompok kecil dalam penelitian ini adalah siswa SLB Negeri Pembina dengan jumlah 10 orang siswa tunagrahita ringan. Subjek pada kelompok besar dalam penelitian ini adalah siswa SLB YPAC Medan dengan jumlah 20 siswa tunagrahita ringan. Hasil analisis data dari evaluasi ahli, didapat rata-rata penilaian pada uji skala kecil (kelompok kecil) 70,91% ( layak digunakan ). maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan edugame model circuit efektif terhadap anak tuna grahita ringan. Dari nilai yang diperoleh pada uji kelompok besar diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 87,86 % (Sangat Layak Digunakan). Artinya penelitian ini sudah cukup untuk ketahui validnya permainan edugame model circuit terhadap kemampuan dan kebutuhan anak tuna grahita ringan di SLB-C kota Medan Hasil uji efektivitas dan efisiensi di atas adalah 91,33% dalam kategori sangat layak digunakan atau sangat efektif. Data uji coba kelompok kecil dihimpun dengan menggunakan kuesioner yang diisi para siswa diperoleh presentase jawaban yang sesuai dengan aspek yang dinilai sebesar 82,5%. Dan data uji coba kelompok besar dihimpun dengan menggunakan kuesioner yang diisi para siswa diperoleh presentase jawaban sebesar 88,33%. Sehingga kesimpulannya adalah permainan edu game model circuit ini memenuhi kriteria “Baik” atau “Layak” sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani anak tunagrahita dengan klasifikasi ringan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.1 Lub p |
Keywords: | Edugame Model Circuit; Permainan; Tuna Grahita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 06:12 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39836 |