Widianto, Yeyen (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ALGODOO PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4151121076 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
02. NIM. 4151121076 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
03. NIM. 4151121076 ABSTRACK_docx.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
04. NIM. 4151121076 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
05. NIM. 4151121076 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
09. NIM. 4151121076 CHAPTER 1_docx.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM. 4151121076 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
14. NIM. 4151121076 BILBIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Lembar kerja peserta didik (LKPD) adalah suatu panduan belajar yang berisi petunjuk-petunjuk dan langkah-langkah untuk membantu peserta didik menyelesaikan tugas pembelajaran dan melakukan penyelidikan terhadap suatu materi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah Mengembangkan LKPD dengan menggunakan program algodoo untuk melatih keterampilan sains siswa.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Subjek penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan program algodoo pada materi usaha dan energi adalah kelas X MIA 4 yang berjumlah 40 orang di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Model pengembangan pada penelitian ini diadaptasi dari model 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data penelitian pengembangan ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa instrument validasi ahli materi dan ahli media, instrument respon peserta didik, serta instrument keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan persamaan persentasi kemudian hasil disesuaikan dengan kriteria yang telah ditentukan.
Hasil penelitian pengembangan diperoleh LKPD yang layak untuk pembelajaran fisika pada materi pokok usaha dan energi. Seperangkat LKPD yang dihasilkan dapat melatih keterampilan proses sains peserta didik dengan skor rata-rata penguasaan kemampuan adalah 81.2 % pada materi usaha dan 82.2 % pada materi energi potensial. Nilai <g> menunjukkan LKPD efektif untuk melatih keterampilan sains siswa dengan kriteria sedang mencapai 0,64.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 132 |
Keywords: | Lembar kerja peserta didik; Pembelajaran saintifik; Algodoo; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 03:23 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39773 |