Manullang, Martha (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA DWIWARNA DAN SMA PARULIAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809121035 Judul.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. 809121035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. 809121035 Bab I.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
4. 809121035 Bab V.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Ekonomi antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Quantum Teaching dan Strategi Ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Gaya berpikir divergen dan Gaya berpikir konvergen, (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar Ekonomi siswa.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Dwiwarna dan SMA Parulian 1 Medan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 80 orang siswa. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan sampel total. Sampel penelitian terdiri dari 80 siswa. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban terdiri dari 50 butir soal. Untuk menjaring data gaya berpikir siswa dilakukan melalui angket yang telah diuji kevalidannya oeh psikolog. Untuk menganalisis tes hasil belajar ekonomi digunakan point biserial, sedangkan analisis angket gaya berfikir melalui psikolog. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji bartlett dan uji fisher.Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar ekonomi siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Quantum teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori, (2) hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki gaya berpikir divergen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Strategi pembelajarn Quantum Teaching lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan Strategi Ekspositori lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru ekonomi yaitu dalam penerapan Strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya gaya berpikir siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Man p |
Keywords: | Pembelajaran ekonomi; Quantum teaching; Pembelajaran ekspositori; Gaya berpikir konvergen; Gaya berpikir divergen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3977 |