Sianturi, Torri Celly (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153321041 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4153321041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 4153321041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4153321041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 4153321041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 4153321041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM. 4153321041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 4153321041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Swasta Budi Agung Medan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan bentuk desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini terdisi dari 5 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X Ki Hajar Dewantara yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Alkhawarizmi yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes essay sebanyak 8 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji t.
Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretes dan postes di kelas eksperimen masing-masing adalah 34,1 dan 77,57 sedangkan nilai rata-rata pretes dan postes di kelas kontrol masing-masing adalah 32,63 dan 70,9. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan sebesar 53,6 (cukup aktif) pada pertemuan pertama, pertemuan kedua sebesar 62,0 (aktif) dan pertemuan ketiga sebesar 71,6 (aktif) dengan rata-rata sebesar 63,1 dengan kategori aktif. Analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 4,883 sedangkan ttabel sebesar 2,002 atau thitung>ttabel, sehingga ditarik kesimpulan ada pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls kelas X semester II SMA Swasta Budi Agung T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 115 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Momentum; Impuls; Tumbukan; Physics education technology; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 08:36 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39766 |