Sukmarani, Tiyas (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4151121069 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2 NIM 4151121069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
3 NIM 4151121069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4 NIM 4151121069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5 NIM 4151121069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
9 NIM 4151121069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13 NIM 4151121069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14 NIM 4151121069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) karakteristik modul berbasis discovery learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar; 2) tingkat kelayakan modul discovery learning; 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul berbasis discovery learning.
Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan desain penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Produk penelitian hasil pengembangan berupa modul fisika berbasis discovery learning pada materi momentum dan tumbukan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Kanan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 84 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan berbeda, kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dengan menggunakan modul dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa tanpa menggunakan modul
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) karakteristik modul berbasis discovery learning sesuai dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa; (2) modul yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru mata pelajaran fisika kelas X SMA Negeri 1 Simpang Kanan dengan nilai rata-rata sebesar 3,56 dengan kategori (layak digunakan tanpa revisi), hasil respon siswa dengan nilai 3,49 (sangat baik) dalam uji coba lapangan; (3) uji coba modul berbasis discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada uji coba lapangan dengan nilai standar gain 0,8 (kategori tinggi) serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai standar gain 0,8 (kategori tinggi).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 177 |
Keywords: | Modul; Discovery learning; Berpikir kritis; Bahan ajar; Momentum; Impuls; Tumbukan; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 08:21 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39765 |