Najiha, Soraya (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153121058 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4153121058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM 4153121058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 4153121058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 4153121058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9. NIM 4153121058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM 4153121058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM 4153121058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X Semester II SMA Swasta Al-Ulum Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan yang terdiri dari 4 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X-MIA1 sebagai kelas eksperimen dan X-MIA2 sebagai kelas kontrol yang masing- masing terdiri dari 36 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah essai. Sebelum tes essai diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tes divalidkan oleh dua orang dosen dan satu orang guru fisika (validasi isi). Selain itu, tes juga divalidkan melalui validasi ramalan, dan juga dilakukan uji reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda terhadap tes yang akan diujikan.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,83 dan kelas kontrol 34,08, kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran inquiry training pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 76,52 dan kelas kontrol 62,08. Dari hasil uji t diperoleh thitung 5,289 sedangkan ttabel = 1,668 karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X Semester II SMA Swasta Al-Ulum Medan T.P 2018/2019. Dan aktivitas rataan siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 72,38, 80 dan 81,05. Dari data yang diperoleh maka ada pengaruh model pembelajaran inquiry training dalam meningkakan aktivitas belajar pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X Semester II SMA Swasta Al-Ulum Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 172 |
Keywords: | Inquiry training; Momentum; Impuls; Tumbukan; Model pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 08:02 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39764 |