Situmorang, Zulkifli (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SKETSA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAEPARIRA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2141151035 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 2141151035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM. 2141151035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM. 2141151035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM. 2141151035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. NIM. 2141151035 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 2141151035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 2141151035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 2141151035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
10. NIM. 2141151035 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 2141151035 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (730kB) | Preview
12. NIM. 2141151035 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (847kB) | Preview
13. NIM. 2141151035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 2141151035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
15. NIM. 2141151035 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar menggambar sketsa materi menggambar sketsa manusia sedang menggunakan alat komunikasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Laeparira tahun pelajaran 2018/2019. Peneliti ini menngunakan metode eksperimen semu dengan sampel 4 kelas siswa kelas X yang diambil menggunakan teknik pengambilan cluster random sampling. Instrument penelitian ini menggunakan tes menggambar sketsa. Teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data, uji homogenitas, setelah itu dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 58,23 dan 61,24 dan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 83,38 dan 73,70. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik di banding nilai posttest kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi α = 0,05 dan dk 63 didapat ttabel =. Jadi hasil hipotesis diperoleh hasil thitung = 4,338 > ttabel =1,9983. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar menggambar sketsa pada siswa SMA N1 Laeparira tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual Dan Hasil Belajar |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 08:46 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39760 |