Situmeang, Christina Yantha Sari (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 809121025 Judul.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. 809121025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
3. 809121025 Abstrak.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. 809121025 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. 809121025 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. 809121025 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7. 809121025 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. 809121025 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. 809121025 Bab I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
10. 809121025 Bab V.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
11. 809121025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Ekonomi antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Genius Learning dan Strategi Ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Locus of Control Internal dan Locus of Control Eksternal (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Locus of Control dalam mempengaruhi hasil belajar Ekonomi siswa.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Methodist 1 Medan dan SMA Kalam Kudus sebanyak 6 kelas dengan jumlah 210 orang siswa. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random samplimg. Sampel penelitian terdiri dari 72 siswa. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban terdiri dari 50 butir soal. Untuk menjaring data Locus of Control siswa dilakukan melalui angket yang telah diuji kevalidannya, uji coba angket dilakukan pada 36 orang siswa, dari 45 butir angket yang ditujukan terdapat 41 butir angket yang dinyatakan sahih dan digunakan dalam penelitian. Untuk menganalisis tes hasil belajar ekonomi digunakan point biserial, sedangkan analisis angket Locus of Control digunakan product moment. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji bartlett dan uji fisher.Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Genius Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori, (2) hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki Locus of Control internal lebih tinggi dibandingkan Locus of Control eksternal dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Locus of Control dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Strategi pembelajaran Genius Learning lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki Locus of Control internal dan Strategi Ekspositori lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki Locus of Control eksternal. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru ekonomi yaitu dalam penerapan Strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya Locus of Control siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Sit p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Locus of control; Genius learning; Strategi ekspositori; Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3976 |