Saifullah (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188210043 Judul.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 081188210043 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
3. 081188210043 Abstrak.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. 081188210043 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. 081188210043 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. 081188210043 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. 081188210043 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 081188210043 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 081188210043 Bab I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
10. 081188210043 Bab V.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
11. 081188210043 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran portofolio lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang memiliki Kemandirian Tinggi Dan kemandirian rendah. (3) Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Takengon Kabupaten Aceh Tengah pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Populasi berjumlah 207 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 55 orang yang terdiri dari kelas A.1 dan A.2 diajarkan strategi pembelajaran fortopolio dan 66 orang kelas S.1 dan S2 diajarkan strategi pembelajaran ekspositori. Tes kemandirian dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai kemandirian tinggi dan kemandirian rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran portofolio lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, dengan Fhitung = 12,16> Ftabel = 3,96 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang memiliki kemandiriantinggi dari pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang memiliki kemandirian rendah, dengan Fhitung = 9,25> Ftabel = 3,96 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 9,25> Ftabel = 3,96 pada taraf signifikan α = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Portofolio lebih tepat daripada strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama siswa, dan siswa yang memiliki tipe kemandirian tinggi akan memperoleh hasil yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemandirian rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Sai p |
Keywords: | Kemandirian; Pembelajaran ekspositori; Agama Islam; Pembelajaran berbasis portofolio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 09:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3974 |