Sinaga, Nurhayani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121049 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4151121049 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
3. NIM. 4151121049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 4151121049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 4151121049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
9. NIM. 4151121049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. NIM. 4151121049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 4151121049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2018/2019. Penelitian ini termaksut quasi eksperimen dengan bentuk desain two group pretest – possttes desain. Populasi penelitian ini terdiri dari 8 kelas dan pengambilan sample dengan cara random sampling, terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 6 jumlah siswa 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dalam bentuk tes Essay sebanyak 7 item soal dan aktifitas belajar siswa dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data yang dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata – rata pretes dan postes kelas eksperimen adalah 42,06 dan 87,03 sedangkan nilai rata – rata pretes dan postes kelas kontrol adalah 41,48 dan 72,42. Aktivitas siswa dikelas eksperimen di peroleh rata – rata sebesar 71,83 dengan kategori aktif sedangkan kelas kontrol aktivitas belajar 50,44 kategori cukup aktif, analisis data prites dengan menggunakan uji t dua pihak kelas eksperimen dan kontrol di peroleh harga sebesar 1,979 atau 0,2830 < 1,979, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa di kelas eksperimen dan kontrol dan sedangkan analisis data postes dengan menggunakan uji t satu pihak di peroleh thitung sebesar 7,600 dan ttabel sebesar 1,663 atau thitung> ttabel sehingga ditarik kesimpulan ada perbedaan yang signifikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 106 |
Keywords: | Quasi eksperimen; Discovery learning; Momentum; Impuls; Physics education technology; Media pembelajaran; Model pembelajaran; Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 03:29 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39719 |