Barus, Murniati (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMA NEGERI 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 071188210010 Judul.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. 071188210010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. 071188210010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. 071188210010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 071188210010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 071188210010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. 071188210010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 071188210010 Bab I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
9. 071188210010 Bab V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
10. 071188210010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar bahasa Jepang siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori. (2) Perbedaan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memperoleh hasil belajar bahasa Jepang yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. (3) Interaksi antara strategi pembelajaran kontekstual dan motivasi berprestasi di dalam memberikan pengaruh hasil belajar bahasa Jepang siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Binjai Jl. Jambi No. 2 Kec. Binjai Selatan kota Binjai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPA semester satu Tahun Pelajaran 2012/2013, yang banyaknya 196 orang. Adapun sampelnya adalah kelas XII-IPA 1 dan XII-IPA 3 sebanyak 80 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah (1) Tes hasil belajar bahasa Jepang yang berbentuk objektif tes, jumlah tes 30 dan jumlah option 4 (empat). (2) Angket kuesioner motivasi berprestasi sebanyak 30 pertanyaan dan jumlah option 5 (lima). Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Variabel bebas penelitian ini adalah: (1) Strategi pembelajaran dan (2) Motivasi berprestasi, serta variabel terikat adalah hasil belajar bahasa Jepang siswa. Temuan penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar bahasa Jepang siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual memiliki skor rata-rata = 85,65 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi Ekspositori yaitu rata-rata = 82,18. (2) Motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah memberikan hasil belajar yang berbeda, dalam hal ini skor rata-rata hasil belajar bahasa Jepang siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi = 85,17, sedangkan skor rata-rata hasil belajar bahasa Jepang pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah = 82,53. (3) Ternyata terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi hasil belajar bahasa Jepang, hal ini teruji dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa bagi kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memperoleh nilai hasil belajar lebih baik bagi yang diajar dengan pembelajaran Kontekstual, sedangkan bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah memperoleh hasil belajar lebih baik bagi yang diajar dengan menggunakan Ekspositori karena Fhitung = 47,806 sedangkan pengujian untuk α = 0.05% dengan dk = (1,76) = 3,96 sehingga dapat dinyatakan bahwa Fhitung = 47,806 > 3,99 taraf signifikan 0,05%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.395 6 Bar p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Motivasi berprestasi; Pembelajaran ekspositori; Contextual teaching & learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 06:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3969 |