Sutriyati S., Nia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI KELAS XI SEMESTER II SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS TP.2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152121029 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 4152121029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM. 4152121029 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4152121029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. NIM. 4152121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
9. NIM. 4152121029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 4152121029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 4152121029 BIBLIOGRAPY .pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi kelas XI semester II SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS serta mengetahui aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen XI IPA 1 dan kelas kontrol X1 IPA 2 yang berjumlah masing-masing 32 dan 33 siswa. Data hasil belajar dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 15 item yang telah divalidkan. Data aktivitas siswa diperoleh menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat.
Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,83 dengan standar deviasi 16,65 dan rata-rata pretes kelas kontrol 39,39 dengan standar deviasi 14,57 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,87 dengan standar deviasi 10,70 dan rata-rata postes kelas kontrol 68,68 dengan standar deviasi 12,95. Kedua kelas berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model scientific inquiry berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, serta model pembelajaran scientific inquiry dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi Kelas XI Semester II SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 142 |
Keywords: | Quasi eksperiment; Scientific inquiry; Gelombang bunyi; Model pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 01:09 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 01:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39657 |