Sitorus, Harry Jonathan A P (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN INTERIOR GEDUNG DI SMKN 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5153111027 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM.5153111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
3. NIM.5153111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
4. NIM.5153111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM.5153111027 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM.5153111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM.5153111027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM.5153111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM.5153111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM.5153111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM.5153111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk
Pakam Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang berjumlah 70 siswa. Kelas kontrol XI DPIB-A terdiri dari 35 siswa dan kelas eksperimen XI DPIB-B terdiri dari 35 siswa.
Sebelum melaksanakan penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pre-test dan di akhir pembelajaran diberikan post-test. Hasil analisis data dari pre�test yang diperoleh kelas eksperimen yaitu, X̅ = 45,53 dengan nilai tertinggi 52,87 dan terendah 31,73. Sedangkan pada kelas kontrol X̅ = 43.39 dengan nilai tertinggi 52,87 dan terendah 31,73. Kemudian kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif dan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran seperti biasa. Hasil analisis data dari post-test yang diperoleh kelas eksperimen yaitu, X̅ = 91,11 dengan nilai tertinggi 97,00 dan terendah 83,95. Sedangkan pada kelas kontrol X̅ = 74,57 dengan nilai tertinggi 81,55 dan terendah 65,82. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji t, dari
data perhitungan hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,62 > 1,99, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran video interaktif memberikan nilai yang lebih tinggi daripada hasil belajar yang tidak menggunakan video interaktif pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan interior gedung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 059 |
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran Video Interaktif; Aplikasi Perangkat Lunak dan Interior Gedung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 15:26 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 15:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39651 |