Limbong, Celta Mai D. (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONTRUKSI BANGUNAN DAN PENGUKURAN TANAH SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 515111016. COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. 515111016.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (835kB) | Preview
3. 515111016 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. 5151111016. PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. 5151111016. TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. 515111016. TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. 5151111016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 515111016 APPENDICES 1.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. 515111016. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
13. 515111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. 5151111016 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar- dasar kontruksi bangunan melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas
X program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada SMKN 2 Binjai.
Penelitian dilakukan 2 siklus, dengan materi jenis- jenis konstruksi bangunan gedung, jalan, jembatan dan irigasi. Unuk mengukur aktivitas digunakan lembar observasi dan hasil belajar dengan tes. Sebelum alat ukur digunakan terlebih dahulu di uji coba. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa megalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70,75 % pada siklus I yang meningkat menjadi 81,74% pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata- rata 73,33 % meningkat menjadi 85,52% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping dapat : 1). Meningkatkan aktivitas belajar dasar- dasar konstruksi bangunan siswa kelas X program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMKN 2 Binjai, 2). Meningkatkan hasil belajar dasar- dasar konstruksi bangunan siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 056 |
Keywords: | Mind Mapping; Aktivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 08:35 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39650 |