PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONTRUKSI BANGUNAN DAN PENGUKURAN TANAH SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI

Limbong, Celta Mai D. (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONTRUKSI BANGUNAN DAN PENGUKURAN TANAH SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 515111016. COVER.pdf]
Preview
Text
1. 515111016. COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 2. 515111016.APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 515111016.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of 3. 515111016 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. 515111016 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. 5151111016. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 5151111016. PREFACE.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 5. 5151111016. TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 5151111016. TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 6. 515111016. TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 515111016. TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. 5151111016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 5151111016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. 515111016 APPENDICES 1.pdf]
Preview
Text
8. 515111016 APPENDICES 1.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. 515111016. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 515111016. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of 13. 515111016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 515111016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 14. 5151111016 BIBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 5151111016 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar- dasar kontruksi bangunan melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas
X program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada SMKN 2 Binjai.
Penelitian dilakukan 2 siklus, dengan materi jenis- jenis konstruksi bangunan gedung, jalan, jembatan dan irigasi. Unuk mengukur aktivitas digunakan lembar observasi dan hasil belajar dengan tes. Sebelum alat ukur digunakan terlebih dahulu di uji coba. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa megalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70,75 % pada siklus I yang meningkat menjadi 81,74% pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata- rata 73,33 % meningkat menjadi 85,52% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping dapat : 1). Meningkatkan aktivitas belajar dasar- dasar konstruksi bangunan siswa kelas X program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMKN 2 Binjai, 2). Meningkatkan hasil belajar dasar- dasar konstruksi bangunan siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BAN 056
Keywords: Mind Mapping; Aktivitas; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 Jun 2020 08:35
Last Modified: 29 Jun 2020 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39650

Actions (login required)

View Item
View Item