Beru Perangin- angin, Reh Bunga (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP KARAKTER SISWA. JURNAL TEMATIK, 8 (2). pp. 215-226. ISSN 1979-6633; 2460- 7738
PEER REVIEW.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui efek strategi pembelajaran discovery dan cara belajar siswa terhadap karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Penelitian berlangsung di kelas V SDN 064015 dan SDN 060873 di Kota Medan dengan populasi dan sampel berjumlah 120 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes sikap dalam bentuk angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya interaksi antara strategi pembelajaran Discovery dan cara belajar siswa terhadap karakter siswa. Hasil interaksi antara strategi pembelajaran dan cara belajar siswa dalam penelitian ini signifikan sebesar 0.000 < 0,05 artinya peningkatan karakter siswa pada kelas eksperimen lebih baik jika dibandingkan pada kelas kontrol. Hal ini menyatakan bahwa strategi pembelajaran Discovery dan cara belajar siswa sangat berpengaruh terhadap karakter siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Discovery; Cara belajar; Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2020 14:49 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39621 |