Rusli, Renita (2019) Kajian Bahasa Rupa Pada Gambar Anak Di TK Model Al-Azhar Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2123151027 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. NIM. 2123151027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 2123151027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 2123151027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 2123151027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 2123151027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 2123151027 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2123151027 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 2123151027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM. 2123151027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
14. NIM. 2123151027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Anak-anak menuangkan bentuk ekspresinya dan mencurahkan isi hatinya lewat gambar. Cara yang paling efektif untuk membuat anak mengeluarkan bahasa rupa adalah dengan cara mendongeng. Membayangkan apa yang dikatakan dan meneruskannya dengan imajinasi, terlihat dari caranya menggambar sambil bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambar karya anak-anak TK Model Al-Azhar Medan. Difokuskan pada karakteristik bentuk, karakteristik warna dan kreativitas anak-anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, eksperimen, kategorisasi dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Model Al-Azhar Medan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random sampling. Peneliti mengambil sebagian dari objek populasi yang mewakili objek yang tidak diteliti secara acak. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik bentuk, warna dan kreativitas dalam bahasa rupa anak, berupa gambar dan dokumentasi yang berjumlah 10 hasil karya gambar anak-anak. Teknik analisa data adalah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Karakter bentuk mengarah ke bentuk geometris. Objek yang ditampilkan dominan sedikit, sekitar tiga sampai enam objek dan bentuk yang ditampilkan sederhana. Anak belum fokus ke warna karena pikiran anak didominasi oleh bentuk. (2) Karakter warna ditampilkan sebagai ekspresi anak dan untuk mengisi bidang. Warna yang sering dipakai anak TK dalam mewarnai adalah warna primer yakni warna biru. (3) Aspek kreativitas anak diungkapkan pada karya dari aspek kelancaran (fluency) dan keaslian (originality).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahasa Rupa; Gambar Anak; Kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 05:51 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 05:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39580 |