Kajian Bahasa Rupa Pada Gambar Anak Di TK Model Al-Azhar Medan

Rusli, Renita (2019) Kajian Bahasa Rupa Pada Gambar Anak Di TK Model Al-Azhar Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2123151027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2123151027 COVER.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2123151027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2123151027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2123151027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2123151027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2123151027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2123151027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2123151027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2123151027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2123151027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2123151027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2123151027 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2123151027 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2123151027 LIST OF BAGAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2123151027 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 2123151027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 2123151027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2123151027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2123151027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 2123151027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 2123151027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Anak-anak menuangkan bentuk ekspresinya dan mencurahkan isi hatinya lewat gambar. Cara yang paling efektif untuk membuat anak mengeluarkan bahasa rupa adalah dengan cara mendongeng. Membayangkan apa yang dikatakan dan meneruskannya dengan imajinasi, terlihat dari caranya menggambar sambil bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambar karya anak-anak TK Model Al-Azhar Medan. Difokuskan pada karakteristik bentuk, karakteristik warna dan kreativitas anak-anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, eksperimen, kategorisasi dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Model Al-Azhar Medan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random sampling. Peneliti mengambil sebagian dari objek populasi yang mewakili objek yang tidak diteliti secara acak. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik bentuk, warna dan kreativitas dalam bahasa rupa anak, berupa gambar dan dokumentasi yang berjumlah 10 hasil karya gambar anak-anak. Teknik analisa data adalah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Karakter bentuk mengarah ke bentuk geometris. Objek yang ditampilkan dominan sedikit, sekitar tiga sampai enam objek dan bentuk yang ditampilkan sederhana. Anak belum fokus ke warna karena pikiran anak didominasi oleh bentuk. (2) Karakter warna ditampilkan sebagai ekspresi anak dan untuk mengisi bidang. Warna yang sering dipakai anak TK dalam mewarnai adalah warna primer yakni warna biru. (3) Aspek kreativitas anak diungkapkan pada karya dari aspek kelancaran (fluency) dan keaslian (originality).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahasa Rupa; Gambar Anak; Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 15 Jul 2020 05:51
Last Modified: 15 Jul 2020 05:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39580

Actions (login required)

View Item
View Item