Siregar, Nisah Ayu (2013) PENGEMBANGAN MODUL UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. 810617016 Judul.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. 810617016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
3. 810617016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. 810617016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. 810617016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. 810617016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. 810617016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
8. 810617016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9. 810617016 Bab I.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
10. 810617016 Bab V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
11. 810617016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui validitas pengembangan modul untuk membelajarkan pemecahan masalah dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write pada materi Pecahan di kelas VII SMP. (2) Mengetahui efektivitas pengembangan modul untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write pada materi pecahan. (3) Mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran TTW dengan pembelajaran biasa. (4) Mengetahui proses penyelesaian pemecahan masalah siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan pembelajaran biasa. Jenis pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara Model pengembangan 3-D yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan pengembangan modul. Perangkat pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW dibatasi pada: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa dan tes kemampuan belajar. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dan SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Sampel diambil dari kelas VII sebanyak 60. Teknik analisis data dalam perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik kuantitatif dengan uji T. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan uji Lavene untuk uji homogenitas.Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan Modul untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan strategi Think-Tak-Write (TTW) siswa valid.Hasil penelitian menyimpulkan pengembangan modul untuk membelajarakan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write siswa valid. (2) Penerapan pengembangan modul untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) efektif ditinjau dari guru dan siswa. dapat dilihat dari komponen-komponen: (a) aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kriteria batasan keefektifan; dan (c) respon siswa berada di atas 80%. (3) Kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) lebih baik secara signifikan yang ditunjukkan dari nilai proporsi p (Sig (2-tailed)) = 0,98 (harga p < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sir p |
Keywords: | Bahan ajar; Pembelajaran kooperatif; Think-talk-write; Pemecahan masalah matematika; Pembelajaran biasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3958 |