Pulungan, Torina (2019) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Materi Tari Tradisional Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Barumun. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2142140019 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 2142140019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM. 2142140019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 2142140019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 2142140019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 2142140019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2142140019 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 2142140019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 2142140019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
13. NIM. 2142140019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 2142140019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam materi tari tradisional untuk meningkatkan apresiasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Barumun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teorisnowball throwing oleh Miftahul Hudadan pengertian apresiasi oleh Sunartodan Suherman.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desainone-grouppretest-posttestyaitu eksperimen tentang satu kelompok atau satu kelas pretest-posttest.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Barumun yang berjumlah 192siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini kelas VII-1.Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, studi kepustakaan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah daftar pertanyaan berjumlah 10soal yang sudah di uji validasiyang akandigunakan pada saat pretest maupun saat posttest. Sebelum dilakukan tindakan, terlebih dahulu dilakukan uji pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa.Hasil analisis data pretest, menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh adalah 41,3 dengan standar deviasi 22,258. Setelah diterapkan model pembelajaran snowball throwing dilakukanposttest.Hasil yang diperoleh adalah rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan menjadi 87, dengan standar deviasi 468,509.Dari hasil rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan persentase dari nilai pretest ke posttest untuk apresiasi siswa adalah meningkat sebesar 45,7%. Uji t digunakan untuk melihat tingkat apresiasi siswa.Dari hasil uji t pada taraf α = 0,05, diperoleh thitung > ttabelyaitu (11,297> 1,67155)maka Ho ditolak dan Ha diterima. Yaitu hasil apresiasi siswa pada posttest setelah menggunakan model pembelajaran snowball throwing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil apresiasi siswa sebelum menggunakan snowball throwing. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwingpada pembelajaran tor-tor naposo nauli bulung dapat meningkatkan apresiasi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Lubuk Barumun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Snowball Throwing; Tor-tor Naposo Nauli Bulung; Apresiasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 06:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 06:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39573 |