Nindia, Riska (2019) Rangsang Auditif Dalam Pembelajaran Tari Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Mesra Pematang Siantar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2142140015 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 2142140015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
3. NIM. 2142140015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 2142140015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 2142140015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM. 2142140015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 2142140015 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 2142140015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
12. NIM. 2142140015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
13. NIM. 2142140015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya keativitas peserta didik dalam membuat tari kreasi Batak Toba dan pengetahuan mengenai tari. Peserta didik disuruh hanya membuat tarian tanpa adanya aturan, format atau acuan dalam pembuatan tari kreasi pada saat menyusun perangkat apa yang harus dilakukan oleh peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dengan menjadikan rangsang auditif sebagai media dalam pembelajaran, agar peserta didik terpacu untuk membuat tari Kreasi Batak Toba dengan menjadikan musik Sihutur Sanggul sebagai rangsang auditif dan sebagai pembentuk kepribadian. Penelitian ini menggunakan teori Smith. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan sampel penelitian kelas VII-2 sebanyak 25 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, dengan genre musik Sihutur Sanggul yang energik, dinamis dan irama di dalam musik Sihutur Sanggul memiliki alunan musik yang selalu berubah membuat para peserta didik terpacu dan membangkitkan rasa keinginan untuk menciptakan gerak-gerak tari. Sebelum melakukan penelitian ini, peneliti memberi pre test untuk mengetahui kemampuan peserta didik, sehingga diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 69. Selanjutnya peneliti memberi post test dan memperoleh rata-rata kelas yaitu 85. Dari perhitungan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung = 1,42 pada taraf nyata α = 0,05 dan ttabel = 1,6552, berarti thitung > ttabel (1,42 > 1,6552). artinya bahwa ada peningkatan yang sangat signifikan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan dilakukan rangsang auditif dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran seni tari kelas VIII-2 Madrasah Tsanawiyah Swasta Mesra Pematang Siantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Rangang Auditif; Kreativitas; Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 06:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 06:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39572 |