Lestari, Sri (2019) Rangsang Idesional Dalam Menggunakan Properti Pada Pembelajaran Tari Kreasi Melayu Di SMP Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2133140034 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 2133140034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM. 2133140034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 2133140034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 2133140034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM. 2133140034 TABELS.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 2133140034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 2133140034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 2133140034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
13. NIM. 2133140034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM. 2133140034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rangsang idesional dalam menggunakan properti pada pembelajaran tari kreasi Melayu di SMP Negeri 5 Medan. Teori yang dipakai pada penelitian ini adalah teori rangsang idesional dan teori properti. Rangsang idesional menurut Smith dalam Suharto (1985:23) yaitu “garapan tari merupakan hasil pemikiran dari imajinasi dan penuangan rasa yang divisualisasikan sesuai dengan ide penata tari”. Properti menurut Endo (2006:104) “adalah suatu alat yang digunakan (digerakkan dalam menari.” Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Medan dan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 5 Medan, dengan jumlah 34 peserta didik. Metodelogi dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung, dokumentasi, studi kepustakaan dan penilaian dengan menggunakan rubrik. Teknik analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Pada sekolah SMP Negeri 5 Medan, rangsang idesional pada pembelajaran tari Kreasi Melayu di kelas VIII-A sudah tercapai. Hal ini dikarenakan para siswa mampu untuk mengembangkan ide dan gagasannya dalam membuat/menggarap gerak tari dengan iringan musik Lancang Kuning menggunakan properti yakni selendang dan tongkat. Pengamatan nilai tersebut dapat dilihat berdasarkan penilaian rubrik dengan hasil perolehan nilai individu dengan komponen penilaian kreativitas, wiraga, wirama dan wirasa mendapatkan nilai rata-rata 80.56, dengan predikat “Baik (80-90)” sebanyak 20 siswa dan jika dipersentasikan adalah 58.83%, sedangkan penilaian kelompok dengan nilai tertinggi diraih oleh kelompok 1 yaitu 93.75, hal ini dikarenakan perhitungan skor yang berdasarkan aspek penilaian kerjasama, pola lantai, dan keseragaman mendapat skor 4 (sangat baik). Penjelasan di atas menunjukkan bahwa guru bidang studi telah berhasil dalam mengajarkan metode/materi “Rangsang Idesional dengan menggunakan properti selendang dan tongkat dalam menghasilkan koreografi yang sederhana”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Rangsang Idesional; Properti |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 06:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 06:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39570 |