Arifah, Nur (2019) Model Pembelajaran Sinektik Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Tari Kreasi Daerah Setempat Di SMA Negeri 1 Talawi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2142140010 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 2142140010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
3. NIM. 2142140010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 2142140010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 2142140010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 2142140010 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2142140010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2142140010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 2142140010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM. 2142140010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 2142140010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran model Sinektik berdasarkan K.D 4.1 yaitu berkarya seni tari kreasi melalui pengembangan gerak berdasarkan konsep, teknik dan prosedur sesuai hitungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kreativitas Murgiyanto (1983:10) yaitu Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menghasilkan produk atau ide-ide baru sebelumnya yang tidak di kenal oleh penyusunnya, teori model Sinektik (Gordon dalam Joyce 2009: 269-271) yaitu untuk meningkatkan kreativitas individu dan kelompok, model pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kreativitas siswa. Melatih siswa secara langsung untuk berfikir kreatif. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan rancangan penelitian mode Quasi Experimental Design dengan menggunakan rumus uji t. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas yang ditentukan dengan teknik purpossive sampling, yaitu kelas XI SMA N 1 Talawi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan psikomotorik yang terdiri dari tiga aspek penilaian yaitu tenaga, ruang, dan waktu.
Hasil pre test dengan metode Teacher Cenetred Learning diperoleh nilai rata-rata 64,67, sedangkan hasil post test dengan menggunakan model pembelajaran sinektik diperoleh nilai rata-rata 80,87 menggunakan uji t hasil ini menunjukkan ada peningkatan yang signifikan terhadap kreativitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran model Sinektik thitung > ttabel yaitu 43,16 > 1,67 maka hipotesis penelitian diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tari Kreasi Melayu; Model Sinektik; Kreativitas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 03:04 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39568 |