Adiputra S., Febrin (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121019 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4123121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3. NIM. 4123121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 4123121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 4123121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM. 4123121019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
13. NIM. 4123121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4123121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMA N.2 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam ranah kognitif berbentuk uraian dengan pilihan yang terdiri dari 15 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas, afektif dan psikomotorik.
Dari data hasil penelitian sebelum pembelajaran dilakukan diperoleh data nilai rata rata pretes kelas eksperimen 16,23 dan pada kelas control diperoleh nilai rata rata pretes 15,45. Setelah dilakukan perlakuan pada kelas eksperimen dan dianalisis maka didapat nilai postes dan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 61,19 dan pada kelas kontrol 54,39. Sehingga didapat hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah tuntas secara individu 14 orang (36%), secara kelas tidak tuntas. Hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan pembelajaran konvensional tuntas secara perorangan yang berjumlah 8 orang (20%), secara kelas tidak tuntas. Aktivitas siswa selama pembelajaran pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 64,03, pada pertemuan II sebesar 71,63, dan pada pertemuan III meningkat menjadi 79,53 sehingga diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,73.Dari hasil uji t diperoleh thitung = 1,750 sedangkan ttabel = 1,668 sehingga thitung>ttabel (1,750 > 1,668) maka hipotesis (Ha) diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa Pada Materi Pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA N.2 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 219 |
Keywords: | Pembelajaran berdasarkan masalah; Hasil belajar; Usaha; Energi; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 02:43 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39547 |