Munthe, Emy Maria Septiani (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153321013 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4153321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
3. NIM. 4153321013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4153321013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 4153321013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
9. NIM. 4153321013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM. 4153321013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4153321013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD fisika berbasis discovery learning pada materi pokok momentum dan impuls yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA Galileo SMA Negeri 15 Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli pembelajaran, angket penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis discovery learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 93%, ahli pembelajaran 92 %, penilaian guru fisika sebesar 98% dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan sampel 6 orang sebesar 86.06 % termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan pada uji coba luas persentase respon peserta didik dengan sampel 30 orang sebesar 88% dengan kriteria sangat baik, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik dapat disimpulkan LKPD fisika berbasis discovery learning pada materi pokok momentum dan impuls layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2019 FIS 140 |
Keywords: | Discovery learning; Momentum; Impuls; Bahan ajar; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 02:10 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39546 |