Lumbanraja, Deardo Wednesday (2019) PENGEMBANGAN TRAINER PENGENDALI MOTOR LISTRIK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153131005 COVER.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2. NIM. 5153131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 5153131005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 5153131005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 5153131005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 5153131005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 5153131005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5153131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 5153131005 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
13. NIM. 5153131005 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 5153131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya menjadi bagian yang diperhatikan guru selaku fasilitator dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi ke sekolah dan melihat proses pembelajaran, peneliti menemukan beberapa masalah yang berhubungan dengan
prasarana yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mencoba mengembangkan Trainer Pengendalian Motor listrik
dengan tujuan untuk mempermudah proses pembelajaran dan mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diajarkan guru dengan melakukan proses pembelajaran praktek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Trainer Pengendali Motor Listrik layak digunakan pada pembelajaran Instalasi Motor Listrik. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Imelda Medan. Prosedur pengembangan media dilakukan dengan metode Research and Development atau lebih dikenal dengan R&D dan menggunakan model desain pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE).
Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi dari ahli media dan materi maka media pembelajaran ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dibuktikan dari hasil penilaian kelayakan ahli materi memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase
93,75% , hasil penilaian kelayakan dari ahli media memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase 93,125%, dan Kemudian berdasarkan hasil
uji coba trainer yang dilakukan pada 13 orang siswa kelas XI TITL SMK Imelda Medan didapatkan rata-rata penilaian sebesar 92,6% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan dengan melihat nilai dari para responden dan juga tanggapan positif yang mendukung media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-ELK-057 |
Keywords: | Pengembangan; Trainer; SMK Imelda Medan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 02:52 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39530 |