PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA DI SMK SWASTA WIRA JAYA TANJUNG MORAWA T.P 2018/2019

Wati, Dewi Sinta (2019) PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA DI SMK SWASTA WIRA JAYA TANJUNG MORAWA T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  4153121013 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153121013 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  4153121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  4153121013 ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153121013 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  4153121013 KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153121013 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  4153121013 DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4153121013 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM  4153121013 BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4153121013 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  4153121013 BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153121013 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM  4153121013 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4153121013 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo untuk Mata Pelajaran Fisika di SMK Swasta Wira Jaya Tanjung Morawa T.P 2018/2019” bertujuan untuk mengetahui validitas, kelayakan dan efektifitas dari model pembelajaran yang dikembangkan.
Jenis penelitian adalah research and development, dengan 4D models. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Wira Jaya Tanjung Morawa pada semester genap T.P. 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 116 orang. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas diambil dari populasi yaitu kelas X TKR yang berjumlah 30 orang. Pengujian validitas media dan materi dilakukan oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media. Uji kelayakan dilakukan oleh 2 guru mata pelajaran fisika. Uji efektifitas menggunakan uji N Gain diperoleh dari hasil pre-test dan pos-test menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah divalidkan.
Hasil penelitian diperoleh dari validasi oleh ahli media dan ahli materi yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan uji validitas oleh ahli media sebanyak dua ahli diperoleh persentase sebesar 95% dan 94% termasuk kedalam kriteria sangat valid, sedangkan uji validitas oleh ahli materi sebanyak dua ahli diperoleh persentase sebesar 93,90% dan 81,50% termasuk kedalam kriteria sangat valid. Kelayakan model blended learning menggunakan aplikasi edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan kelas X pada materi suhu dan kalor dinyatakan layak dengan memperoleh skor rata-rata 2,98 dan respon peserta didik sebesar 88% yang artinya media yang dikembangkan bisa diterima dengan sangat baik. Keefektifan model blended learning menggunakan aplikasi edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan kelas X pada materi suhu dan kalor yang dikembangkan, efektif digunakan dillihat dari hasil uji keefektifan dengan rata-rata N Gain 0,54 - 0,70 dengan kriteria sedang dan 0,71 – 0,80 dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 130
Keywords: Blended learning; Edmodo; Teknologi; Suhu; Kalor; Media pembelajaran; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2020 14:34
Last Modified: 22 Jun 2020 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39504

Actions (login required)

View Item
View Item