Sitorus, Riky Santoso (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 13 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5151131043 JUDUL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 5151131043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
3. NIM 5151131043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 5151131043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM 5151131043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 5151131043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM 5151131043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 5151131043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. NIM 5151131043 BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13. NIM 5151131043 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM 5151131043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar dasar dan pengukuran listrik, observasi oleh siswa kelas XI SMK Negeri 13 Medan, Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini akan dilakukan di SMK N 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 13 Medan yang mengikuti mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik, yaitu terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling, yaitu dimana kelas X TITL 1 sebagai kelas Eksperimen (kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD) yang berjumlah 30 orang siswa serta kelas X TITL 2 sebagai kelas Kontrol (kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran
Konvensional) yang berjumlah 29 orang siswa.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Memahami Sifat-Sifat Komponen Elektronik Pasif yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD memiliki skor rata-rata 84,96 sedangkan dengan menggunakan Model Konvensional memiliki skor rata-rata 77,68. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Konvensional pada
Mata pelajaran Memahami Dasar dan pengukuran Listrik di kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2019/ 2020, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana
thitung > ttabel yaitu 2,14> 2,002
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-ELK-050 |
Keywords: | Studen Team Achieveman Devision (STAD);Terhadap Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik . |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 09:10 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39501 |