PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Muliana (2013) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106171031 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106171031 Judul.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106171031 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106171031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106171031 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106171031 Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106171031 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106171031 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106171031 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106171031 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106171031 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106171031 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106171031 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106171031 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106171031 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106171031 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106171031 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106171031 Bab I.pdf - Published Version

Download (987kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106171031 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106171031 Bab V.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106171031 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106171031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki pengaruh Pendekatan (PMR) atas kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, kemampuan komunikasi matematika siswa, dan Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa. Proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Lhokseumawe sebanyak 64 siswa dan SMPN 13 Lhokseumawe sebanyak 66 siswa yang keseluruhan sebanyak 130 siswa SMP, Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan pemecahan masalah matematik, tes kemampuan komunikasi matematik. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 34,64 dan kelas kontrol adalah 22,39 dengan nilai sig = 0, dengan 0 < &#945; = 0,05 maka terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PMR) dengan Pendekatan Pembelajaran Konvensional, rata-rata tes kemampuan komunikasi eksperimen dan kontrol adalah 13,37 dan 7,65 dengan p-value (2-tailed) adalah 0, dengan 0 < &#945; = 0,05 maka terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PMR) dan Pendekatan Pembelajaran Konvensional, nilai signifikan sebesar 0,062, karena 0,062 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, nilai signifikan sebesar 0,444, karena 0,444 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa, Proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan (PMR) lebih bervariasi daripada Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Temuan penelitian merekomendasikan PMR dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Mul p
Keywords: Komunikasi matematik; Matematika realistik; Pembelajaran konvensional; Pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 May 2016 06:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3950

Actions (login required)

View Item
View Item