Sianturi, Mario Ridwansah (2019) HUBUNGAN MINAT MASUK PENDIDIKAN KEJURUAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143321012 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. NIM. 5143321012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. NIM. 5143321012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM. 5143321012 PREFAVE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM. 5143321012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 5143321012 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 5143321012 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 5143321012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM. 5143321012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM. 5143321012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM. 5143321012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk diantaranya minat masuk pendidikan kejuruan dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui hubungan antara minat masuk pendidikan kejuruan dengan hasil belajar, (2) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (3) mengetahui hubungan antara minat masuk pendidikan kejuruan dan
motivasi belajar dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan yang berjumlah 125 orang dan jumlah sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin yang berjumlah 56 orang. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif korelasional, data dianalisis menggunakan rumus kolerasi product moment
pearson, dan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara minat masuk pendidikan kejuruan terhadap hasil belajar menggambar teknik dengan koefisien korelasi (r = 0,600) dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. (2) terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar menggambar teknik dengan koefisien korelasi (r = 0,843) dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. (3) terdapat hubungan yang positif antara minat masuk pendidikan kejuruan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar menggambar teknik dengan
keberartian korelasi ganda (Fhitung) yaitu 132,709.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-MSN-091 |
Keywords: | Minat Masuk Pendidikan Kejuruan; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Menggambar Teknik; SMK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 07:22 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39470 |