Hasanah, Wilda (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN DENGAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171020 Judul.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 8106171020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
3. 8106171020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. 8106171020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. 8106171020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. 8106171020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. 8106171020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. 8106171020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 8106171020 Bab I.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
10. 8106171020 Bab V.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah peningkatan penalaran siswa dengan penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) apakah peningkatan kemampuan self efficacy siswa dengan penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa, (3) apakah ada interaksi antara peningkatan penalaran siswa dengan pembelajaran dan gender siswa (4) apakah ada interaksi antara peningkatan self efficacy siswa dengan pembelajaran dan gender siswa (5) bagaimana respon siswa dengan penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SMP berakreditasi A di kota Padangsidimpuan. Dan sampel pada penelitian ini adalah SMP N 1 Padangsidimpuan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D dan VIII-3 sebagai kelas control yang diberikan pembelajaran biasa. Instrument pada penelitian ini adalah tes penalaran matematika dan tes self efficacy siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan penalaran matematik siswa yang memperoleh pendekatan penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) peningkatan self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D tidak lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) tidak ada interaksi antara kenampuan penalaran dengan pembeajaran dan gender siswa (4) tidak ada interaksi antara peningkatan self efficacy dengan pembelajaran dan gender siswa (5) siswa merespon pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Has p |
Keywords: | Gender; Kubus dan balok; Self efficacy; Software cabri 3D; Penalaran matematika; Media pembelajaran; Pembelajaran penemuan terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3947 |